Mulai Disalurkan, Cek Bansos PKH di https://dtks.kemensos.go.id


 Jakarta - 

Pemerintah memastikan bansos PKH mulai disalurkan. Bagi para penerima bisa langsung cek di https://dtks.kemensos.go.id. Tidak perlu khawatir, cara mengeceknya sangat mudah karena tanpa harus login di link cekbansos.siks.kemensos.go.id.

Untuk selanjutnya, para penerima cukup memilih ID kepesertaan yang dimiliki, mengisi data yang diperlukan, dan klik tombol Cari.

"Sistem akan mencocokkan ID dan Nama yang diinput dan membandingkan antara nama yang diinput dengan nama yang ada dalam database kami," tulis situs DTKS dilihat detikcom pada Sabtu (9/1/2021).

Bansos PKH naik 25% karena aktivitas penerima PKH yang terbatas. Dana tersebut diharapkan bisa membantu KPM melanjutkan kehidupan atau menjaga kelangsungan usaha. Lantas berapa besaran bansos PKH yang diterima?Dikutip dari situs Kementerian Sosial (Kemensos), total penerima bansos PKH 2021 mencapai 10 juta KPM dengan jumlah anggaran Rp 28,71 triliun. Kemensos pernah menjelaskan bansos PKH 2021 lebih besar akibat pandemi COVID-19.

Berikut total bansos PKH 2021:

Ibu hamil sebesar Rp 3 juta per tahun

Anak usia dini sebesar Rp 3 juta per tahun

Siswa SD sebesar Rp 900 ribu per tahun

Siswa SMP sebesar Rp 1,5 juta per tahun

Siswa SMA sebesar Rp 2 juta per tahun

Kelompok disabilitas sebesar Rp 2,4 juta per tahun

Lansia sebesar Rp 2,4 juta per tahun.

Bantuan bisa diterima masyarakat setelah cek bansos PKH di https://dtks.kemensos.go.id.

Bantuan sosial program keluarga harapan ini disalurkan tiap 3 bulan sekali dalam satu tahun dalam empat tahap. Keempatnya adalah Januari, April, Juli dan Oktober 2021 melalui Himpunan Bank Negara (HIMBARA) yaitu BNI, BRI, Mandiri, dan BTN.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mengingatkan penerima bansos PKH supaya memanfaatkan bantuan sebaik-baiknya. Bantuan jangan digunakan untuk membeli rokok atau barang lain yang tidak bermanfaat.

Penerima yang tercantum dalam cek bansos PKH di https://dtks.kemensos.go.id juga akan menerima bantuan tanpa potongan. Bantuan akan diterima utuh setelah dana disalurkan dari pemerintah ke rekening penerima.

Sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5331772/mulai-disalurkan-cek-bansos-pkh-di-httpsdtkskemensosgoid?tag_from=wpm_nhl_3


Share:

Recent Posts